Laman

Rabu, 15 April 2015

Maksi yuukkk @Magelang

      Ini hanya sekedar jalan jalan sih.. gak ada tujuan kemana. Hanya mencari suasana baru dah bosen yang itu itu aja. Menyusuri sepanjang jalan Magelang -Muntilan, Penat dan hampir sebulan di hajar pekerjaan mengisi borang- borang yang bikin berang. Hehehe senengnya di ajak bu Direktur mencari suasana baru...mencari makan siang,pengen yang beda. Kalo hanya Balconi,bebek Tepi sawah ataupun  Abaya Giri.. dan sering diajak sihh...ampe bosen (gaya amat). Sampe juga di Muntilan...tertarik dengan sebuah warung makan yang sederhana namun penuh pembeli...awalnya ragu..apa sih yang di jual. Yaa deh ternyata ibu berkenan....Namanya sih WARUNG PURNAMA .



      Warung yang sederhana ..pertamanya sih agak ill fill gitu..enak gak yaa. Kalo meliat pembeli yang banyak sih,.. bisa jadi masakan yang di jual enak,aku amati pengunjungnya silih berganti.. Menu spesial nya sih Mangut Lele, jadi inget kamu yang gak suka makan lele. Awalnya emang aku gak suka lele juga...liat nya gimana gituu.... Asyik poto-poto liat Ibu yang udah pesen banyak lauk..hehe aku belum selera buat makan masih asyik liat liat. Jiah... liat lelenya segede gitu heheh takut...ya deh spesial order nasi dikit takut cuby...ada juga gorengan ikan air tawar ada udang wader.ada juga buntil..yaa semacam lauk yang terbuat dari daun talas yang di bumbui diisi dengan bumbu parutan kelapa dan ikan tongkol,enak sih..aku suka ini.  Hmm mangutnya enak juga ternyata..pas rasanya.. kata Bondan sih Mak Nyuss..Alternatif menu laen ada Mangut ikan bawal dan ada juga telur ikan yang mirip tahu gitu penampakanya hehe..ternyata bukan tahu tapi telur ikan...semacam kaviar kali ... yaa.


      
      Membayangkan ikan lele segede gini...aku coba lauk yang laen.. pake wader atau ikan kali..plus buntil..belum ada 15 menit kami singgah .... pembelinya dah bertambah banyak..kebetulan pas jam makan siang sih.




     Masih asyik menikmati lele yang segede ikan paus .. hehehe..sambil menikmati telur ikan yang seperti tahu.. enak juga, sampe lupa belum pesen minum ,melihat sederet jenis minuman aku tertarik dengan minuman botol namun bukan soft drink gitu..namanya unik.. TEMU LAWAK,  aku amati ternyata terbuat dari bahan herbal ..yang di fermentasi. Rasanya sih hampir sama minuman bersoda gitu.. berwarna putih...enak juga.


      Hmm... cukup kenyang sih...sambil kipas kipas kepedasan...baca tulisan..ternyata warung ini dah buka sejak tahun 1965..lama juga ternyata. Warung i ni terletak di dusun Tangkilan arah Kota Magelang. Kalo aku poerhatikan ibu2 penjualnya sih sudah tua2.. namun masin semangat bekerja ..dan ramah menyapaku. Jadi tertarik juga gimana sih proses pengolahannya,  Modus nya keluar ni...oke deh pura2 mampir ke belakang..pengen pipis heheh... tapi mampir dulu ke dapur nya..aku sapa ibu2 tadi..sok ramah nii   ..akhirnya aku di ijinkan masuk ke dapurnya.  WOW.... proses pengolahannya masih menggunakan tunggku kayu bakar... hehe asyik juga..senengnya foto2 di dapur konvensional ini heheh...asyik juga.


      Dapurnya berasap namun asyik aku amati dari awal hingga akhir proses pengolahan  mangut lele,sesekali aku nanya nanya sama ibu pemasaknya..akupun dipersilahkan duduk. Mungkin ini resep yang menjadikan masakan ini enak kali yaa hehehe. Memasak nasi nya pun gak kalah asyik.. nii liat yaa...

      Lagi asyik asyik poto poto..meliat liat..akhirnya Ibu memanggilku untuk segera beranjak pergi melanjutkan perjalanan , ibu pengen beli tongkol khas magelang. Menyusur Kota sejuta Bunga.. meliat ..mengamati..mengulang..reminder...ada kamu saat hujan..saat sakit..hehehe..Magelangku hujan juga...deras... hingga sampe di pasar Magelang..


      Banyak jajan khas Magelang terutama getuk...yang melegenda banget..tak lupa belanja Tongkol segede ikan hiu..pesana ibu heheh...Pasarnya bersih rapi tertata indah.   akhirnya aku menuju mobil dan bersandar sejenak...dan memutuskan untuk pulang....



      Yaa beginilah perjalanku pulang bersama Ibu... tak lupa makan durian..sepanjang jalan ..heheh senengnya...terima kasih ibu.. dah diajak jalan2..walau sebentar aku sangat terkesan. Selamat tinggal Magelangku Sayang tunggu aku di 2017...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar