Laman

Kamis, 11 Agustus 2016

Diversifikasi Pengolahan Produk Perikanan

 Pelatihan pengolahan ikan. Bingung mo ajarkan materi apa..nih..semua pemula di bidang pengolahan ikan. Materinya menu industri. Yaa..ketemu yang mudah...Egg roll ikan ...Bandeng cabut duri ..dim sum ikan dan untuk untuk ikan..atau...terserah mo kasih nama apa hehe..Pelatihan ini bertujuan mengajarkan bagi UKM dalam diversifikasi pengolahan produk perikanan. Pelatihan ini bertempat di AKS - AKK Yogyakarta. Selama 2 hari. Peserta pelatihan berjumlah 30 peserta yang berasal dari 5 kabupaten. Acara ini terselenggara atas Kerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Yogyakarta.
Selpieh dulu yakk..hehhe
Ni peserta pelatihan lagi potong potong packaging....selain di ajarkan berbagai produk olahan ikan. Peserta juga di ajarkan cara mengemas produk sehingga menarik dan berdaya jual..
Ini ni....untuk untuk in proses....awas buu..gosong...keep smile yaakk. Semua peserta antusias dan semangat belajar. selain praktik peserta juga diajarkan teori teori tentang pemilihan ikan yang baik. Pengembangan produk perikanan bahkan sampai ke pengawetan ikan.

Alat nya sederhana aja sih..buat egg roll...yaa..karena masih UKM pemula jadi resep yang di ajarkan juga dasar. Dan peralatannya pun juga sederhana. Masih skala rumah tangga. Namun produk harus inovasi sehingga marketable.
Ini hasil jadi egg roll  nya...hasil praktik peserta ..yaa...cukup lumayan bagus. Dan hasilnya pun juga langsung di packaging .
Alhamdulillah semua peserta puas dengan materi yang di ajarkan. Tanpa malu2 bertanya kesulitan2  dan kendala yang di hadapi. Okehh...tq sudah mampir ke blog saya..salam kenal yaakk....nih Instrukturnya nampang dulu..sampe ketemu di resep resep yang laen. Semoga bermanfaat.
Salam....Happy Cooking

EGG ROLL IKAN

Bahan
50 gram terigu
25 gram tep ikan
75 gram gula pasir
50 gram margarine cairkan
2 butir telur
1/2 sdt ovalet
1 sdm susu bubuk
Cara membuat
1. Kocok  telur gula  ovalet sampe mengembang
2. Tambahkan terigu dan susu bubuk aduk rata
3. Masukkan margarin cair aduk rata.
4. Panaskan cetakan masukkan adonan dalam cetakan balik cetakan  gulung selagi panas.

UNTUK UNTUK IKAN

100 gram tepung ikan
400 gram tep ketan
3 sdm gula pasir
1 sdm ovalet
1 sdt garam
7 butir telur
Cara membuat
1. Kocok gula telur dan ovalet. Sampe menggembang.
2. Tambahkan tepung ikan ikan dan tepung ketan aduk rata.
3. Cetak adonan dengan menggunakan tempurung kelapa yang sudah di lubangi.
4. Goreng adonan hingga matang.

Emaknya Allea..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar