Laman

Selasa, 02 Agustus 2016

Jelly cream

Jelly Cream

Yang jelas bingung juga mo kasih nama. Kalo ngikut yang lagi trend sih namanya Flower Jelly Cream. Ini sedikit aku rubah bahannya..setelah mengalami uji coba dengan menggunakan berbagai macam bahan. Yaa..akhirnya nemu resep yang pas..rasanya juga pas ..manisnya pas juga sih..gak neg seperti butter cream. Jadi yang bosen dengan kue tart berbahan butter cream..ini ni..patut di coba yaa. Puding Jelly Cream. Yang harus di perhatikan juga bahan base pudingnya nii...harus yang pekat dan kokoh tidak berair. Gunakan jenis agar agar yang non jelly . Kalo aku menggunakan jenis agar agar kristal untuk base pudingnya.

Base Puding
Bahan :
1800 cc susu segar
3 bks agar agar kristal
300 gram gula pasir atau semanisnya
1/4 sdt garam
1 sdm coklat pasta atau sesuai selera
Cara membuat :
1. Campur semua bahan kecuali coklat pasta.     Masak diatas api aduk hingga mendidih.
2. Angkat dari api tambahkan coklat pasta ,aduk hingga tercampur rata
3. Cetak sesuai selera. Dinginkan.

Okehh..next yaa..tinggalkan base pudingnya hingga dingin dan keras. Untuk base puding bentuk bisa macem macem sesuai selera kita. Gak melulu bulat. Bisa ikan..bisa kerucut untuk baju barbie..bisa Hello kitty. Atau apa aja deh..suka suka kita.

Jelly Cream

Bahan :
Gula pasir 150 gram
Susu 700 cc
Jelly rasa leechee 8 gram atau nutri jell
Maisena 120 gram
Garam 1/2 sdt
Mentega putih 75 sampe 100 gram
Cara membuat:
1. Campur semua bahan kecuali mentega putih.
2. Masak di atas api hingga mengental sambil di aduk aduk. Biarkan hingga meletup letup. Angkat dari api. Dinginkan adonan.
3. Setelah adonan dingin tambahkan mentega putih. Mikser adonan hingga lembut dan rata.
4. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera.

Kalo semua dah ready..tinggal kita hias sesuai selera. Gunakan spuit mawar ukuran 104 atau 103. Bentuk aneka mawar warna warni. Atau bisa juga gunakan spuit ukuran 81 untuk membuat bunga crisan.

Nii..bentuk Barbie kesukaan Allea..

Atau bisa juga bentuk bentuk aneka kartun yang lagi trend. Ni aku coba bentuk ikan.

Ni hasil karyaku  Fish Jelly Cream..bener bener kering gak berair. Untuk sisik ikannya itu aku gunakan spuit mawar ..bener bener nempel di puding meski di samping gak melorot nempel kokoh. Karena base pudingnya gak berair. Untuk hiasan mawarnya pun kokoh. Untuk daunnya...aku gak menggunakan spuit..cukup masukkan adonan jelly cream dalam peping bag..kemudian potong serong bagian ujung peping bag kanan dan kirinya. Kalo menggunakan spuit daun..hasilnya kaku.
Nihhh...maen maen lagi dengan Jelly Cream.
Ok..selamat mencoba yaa..semoga sukses.
Happy Cooking...

16 komentar:

  1. Mbak... agar kristal itu apa ya? Bisa kasih contoh merk nya?berarti bunganya itu langsung nempel di puding ya mb? G usah dipake in sesuatu buat menempelkan?

    BalasHapus
  2. Agar kristal itu agar agar bubuk mereknya Swallow Globe banyak di jual supermarket. Iya bisa langsung nempel di puding gak perlu di oles apapun. Nambahin mentega putih harus nunggu bener2 adonan dingin jadi adonan kokoh bisa nempel di puding dan gak melorot. Happy cooking ..

    BalasHapus
  3. Agar kristal itu agar agar bubuk mereknya Swallow Globe banyak di jual supermarket. Iya bisa langsung nempel di puding gak perlu di oles apapun. Nambahin mentega putih harus nunggu bener2 adonan dingin jadi adonan kokoh bisa nempel di puding dan gak melorot. Happy cooking ..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Alo mba, untuk step Setelah adonan dingin tambahkan mentega putih. Mikser adonan hingga lembut dan rata ---> apakah adonan jadi mengeras seperti agar-agar baru dimixer dgn mentega putih atau konsistensi adonan masih kental?

    BalasHapus
  6. Kalau pakai nutrijel berarti tdk bisa ya mba?

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah akhirnya dapat juga RESEP jelly cream.. makasih banyak mbak Yunie...Semoga selalu diberkahi, Semoga ilmunya Yg sangat bermanfaat ini dapat saya aplikasikan... Terimakasih mbak Yunie.. salam kenal dari saya

    BalasHapus
  8. Mbak resepnya mantap mkasih ya,barakallah

    BalasHapus
  9. Mba, klo jelly creamnya di pake di cake biasa bisa ?? Apa ini hanya untuk hiasan pudding??

    BalasHapus
  10. Mau tanya donk, ini harus langsung digunakan atau bs disimpan ya?

    BalasHapus
  11. Mbak mentega harus di cair / suhu bilik sebelum diaduk?

    BalasHapus
  12. Pn...maisena tu apa ya. Boleh terangkan

    BalasHapus
  13. Bisa buat hiasan cake juga nggak ?

    BalasHapus
  14. Bunga tentunya tidak bisa untuk hiasan cake karena bahannya dari jelly tentu akan membuat cake nantinya menjadi basah.

    BalasHapus