Laman

Sabtu, 06 Agustus 2016

Kreasi Tumpeng

TUMPENG DAN SEGALA PERLENGKAPANNYA

Tumpeng adalah cara penyajian nasi beserta lauk-pauknya dalam bentuk kerucut; karena itu disebut pula 'nasi tumpeng'. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, meskipun kerap juga digunakan nasi putih biasa atau nasi uduk. Cara penyajian nasi ini khas Jawa atau masyarakat Betawi keturunan Jawa dan biasanya dibuat pada saat kenduri atau perayaan suatu kejadian penting. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia mengenal kegiatan ini secara umum.
Tumpeng biasa disajikan di atas tampah (wadah bundar tradisional dari anyaman bambu) dan dialasi daun pisang.
Nahh...sekarang ni..masuk.di bulan Agustus terkait dengan Hari Kemerdekaan RI . Tentu ni emak2 sibuk nyiapin tumpeng buat tirakatan. Yaa..mungkin ini.bisa jadi contoh atau inspirasi kita dalam membuat aneka tumpeng.

Tumpeng Megono
Tumpeng megono biasanya di sajikan untuk acara selamatan misal peresmian gedung baru..peresmian pelantikan pengurus dll. Lauk pauknya hanya.simple saja. Ada tahu tempe..peyek..telur rebus..ingkung ayam. Dan bumbu urapan.

Ini adalah fariasi dari tumpeng nasi kuning yang saya modifikasi susun 2. Tempatnya simple sih..aku.pesen di tempat tukang las besi tempa. Ide ini terinspirasi saat melihat tempat tanaman kaktus yang di susun bertingkat. Jadilah..taraaaa...

Ini juga sama tumpeng susun ..cuman garnish atau hiasan aja yang berbeda. Kalo pelengkap tumpeng sama sih. Yang perlu di ingat untuk menyajikan tumpeng nasi kuning gunakan ayam goreng. Dan kalo menyajikan.tumpeng nasi putih gunakan ayam ingkung yang di masak bumbu opor. Kadang orang gak tau pakem dan filosofi tumpeng. Sehingga dalam menyajikan bisa salah kaprah.
Menyajikan lauk pelengkap tumpeng bisa menggunakan mangkok dari kelapa utuh. Karena lauk tersebut basah jadi harus di tempatkan dalam wadah supaya kuah tidah membasahi hidangan yang laen. 
 Ini juga tumpeng nasi kuning bentuk simple aja. Variasi lauk juga sederhana hanya ayam goreng..perkedel kentang..dadar telur rawis dan sambel kering. Dengan lauk yang sederhana tentu akan mengurangi badget dan menekan harga jual.
Bingung bentuk aneka tumpeng..akhirnya aku pilih bentuk buku karena tumpeng ini disajikan untuk pelantikan pengurus. Gunakan hiasan yang bisa di makan. Apalagi hiasan tersebut menempel dengan makanannya. Hati hati dalam memilih hiasan jangan sampai menghias tumpeng menggunakan buah buahan segar..seperti strawberry atau cerry tentu tidak cocok.
 Gunakan hiasan hiasan yang kontras . Hingga muncul warna warni yang menarik. Secara orang melihat tampilan dulu baru ke rasa.
 Ini ni...bergaya ala key note speaker...hehhehe..ni waktu mengisi acara di gedung UGM dengan materi Pembuatan aneka garnish untuk menghias Tumpeng.
Sama juga dengan ini ...tumpeng nasi kuning cuman alas sajinya di buat persegi panjang. Sehingga berkesan luas dan megah. Tentu untuk menyajikan tumpeng yang besar atau dalam porsi yang banyak.

 Kalo ini bukan tumpeng...ini aneka jajanan pasar yang di sajikan dalam tampah yang di hiasi aneka lipatan daun. Meski jajan pasarnya murah meriah tapi kalo.di sajikan dalam lipatan daun akan terlihat menarik dan indah.
Ini juga sama aneka jajan pasar..cuman saya buat susun dua. Yaa..tergantung jumlah jajan pasarnya. 

Nahhh..itu tadi aneka bentuk bentuk tumpeng  buatan sayah semoga menginspirasi. Kalo mo belajar juga boleh tapi gak bisa instan. Untuk menyajikan tumpeng harus belajar banyak tahap. Yang pertama harus belajar jenis lipatan daun. Ada belasan jenis lipatan daun. Kemudian belajar aneka hiasannya...atau di sebut juga garnish. Hiasan nya..ada ribuannnnn. Tentu gak bisa instan. Banyak aneka sayuran yang bisa di gunakan untuk menghias tumpeng.
 Saat berbagi ilmu dengan ibu ibu PKK selalu nih..si Allea ngikut..dia juga seneng buat2 hiasan dari wortel.
 Allea selalu nyimak..kalo emaknya lagi ngajar. Bahkan dah akrap sama ibu ibu PKK  dimana aku berbagi ilmu.
Kalo ngajarnya formal seperti ini..baru Allea gak aku ajak ...yaa..indahnya berbagi ilmu. Semoga bermanfaat. Dan meng inspirasi dalam menyajikan tumpeng . 
Salam....HAPPY COOKING

Emaknya Allea




Tidak ada komentar:

Posting Komentar